Rabu, 18 Maret 2009

Tugas 2 : LEGEND TYPE

Legend Type
Merupakan suatu fungsi dalam ArcView yang digunakan untuk menandai State (wilayah) dalam suatu negara terhadap parameter tertentu. Misalnya untuk menentukan banyak tidaknya populasi pada suatu kota, ataupun untuk menentukan perbandingan populasi wanita dan pria.

Berikut beberapa jenis-jenis Legend Type :

Single Symbol
legend type ini digunakan ketika kita ingin menandai sebuah kota, area, jalan, dll.

Graduated Color
Digunakan untuk membedakan klasifikasi Populasi, jenis kelamin, umur, status penduduk, dll. Simbol Graduated Color terdiri dari bermacam-macam warna.


Dari warna-warna tersebut kita dapat membedakan klasifikasi populasi, jenis kelamin, status sosial, dll.


Graduated Symbol
Graduated Symbol hampir sama fungsinya dengan Graduated Color, yaitu digunakan untuk membedakan klasifikasi Populasi, jenis kelamin, umur, status sosial, dll. Bedanya adalah Simbol Graduated Symbol terdiri dari bermacam-macam ukuran symbol, dan tentunya berwarna sama. Dari simbol yang berukuran kecil hingga simbol yang berukuran besar. Dari perbedaan ukuran simbol tersebut kita dapat membedakan klasifikasi-klasifikasi di atas.


Unique Value
Unique Value digunakan untuk memberikan simbol pada value-value yang unik yang akan ditampilkan pada peta. Unique Value menggunakan warna untuk membedakan jenis-jenis value pada peta tersebut. Unique Value terdiri dari macam-macam value yang unik, seperti klasifikasi umur, status sosial (menikah atau belum), dll.


Dot
Digunakan untuk memberikan gambaran pada peta untuk klasifikasi-klasifikasi tertentu dengan simbol dan background warna yang dapat kita tentukan sendiri. Dengan opsi "Density" dan "Normalize by" pada Dot, kita dapat menentukan klasifikasi yang akan kita tampilkan. Seperti populasi, jenis kelamin, umur dan juga dapat kita khususkan penyeleksian untuk menampilkan simbol apa saja pada peta

Chart
Merupakan salah satu penanda dalam legend type yang berfungsi untuk membedakan banyak tidaknya populasi pada masing-masing wilayah. Tampak pada gambar perbedaan banyak tidaknya populasi terletak pada panjang pendeknya chart tersebut. Pada gambar terlihat kepadatan penduduk terpusat pada Mexico city.
Chart dapat pula digunakan sebagai pembeda parameter lainnya, seperti banyak tidaknya penduduk wanita atau penduduk berdasarkan warna kulit dan sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar